Minggu, 19 Oktober 2014

Praktek PMW, Mahasiswa Jajakan Dagangan


Malang, PERSPEKTIF –  Sejumlah mahasiswa menjajakan barang dagangan di sekitar Lapangan Rektorat Universitas Brawijaya, Minggu (19/10).  Mahasiswa tersebut merupakan peserta program Pembekalan Mahasiswa Wirausaha (PMW) yang telah dilaksanakan oleh pihak Rektorat, sejak hari Sabtu (18/10).

Program PMW tersebut bertujuan agar para mahasiswa semakin mantap mentalnya dalam berwirausaha. Barang dagangan yang akan dijual oleh peserta pun telah disediakan oleh panitia.

“Tujuan dari program ini yaitu agar para mahasiswa peserta PMW tidak malu ketika menawarkan barang dagangannya kepada orang lain,” tutur Atikah Ishmah Winahyu, salah seorang mahasiswa peserta PMW.

Menurut Atikah, peserta dibagi ke beberapa kelompok yang terdiri dari lima orang. Kemudian, peserta diinstrusikan untuk berpencar ke beberapa sisi lapangan dan menjajakan barang dagangannya.

PMW merupakan salah satu program dari Universitas Brawijaya yang bertujuan untuk membantu mahasiswa yang ingin berwirausaha. Setiap mahasiswa bisa mengikuti PMW dengan mengajukan proposal berisi profil usaha yang ditekuni, serta rincian anggarannya. Nantinya pihak rektorat yang akan menentukan apakah proposal itu di setujui atau tidak. Maksimal dana yang di ajukan adalah Rp8.000.000.

“Iya kita mengajukan profil usaha apa yang kita ingin lakukan atau sudah dilakukan. Kalau usaha saya itu menjual Coat, baju hangat khas Korea. Saya menyediakan katalog, tapi kalau ingin desain sendiri juga bisa. Dana yang turun dari pihak rektorat untuk saya adalah Rp4.400.000,” pungkasnya. (rrn/zar/ksa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar